Kenapa Harus Mobilisasi Dana di Pasar Modal?

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan sektor keuangan yang semakin meningkat saat ini. Peningkatan sektor keuangan dinilai akan membantu target pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,2%.

Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK Muliaman Hadad mengatakan, untuk meningkatkan sektor keuangan dalam negeri maka banyak dana dimobilisasi melalui pasar modal dan tahun ini akan terus dilanjutkan.

“Kenapa mobilisasi dana melalui pasar modal? karena pasar uang menjadi penting karena ketergantungan kita kepada faktor eksternal masih diliputi dengan ketidakpastian. Kemudian ruangan fiskal juga masih relatif terbatas. Oleh karena itu pertumbuhan ekonomi akan banyak bergantung banyak kepada mobilisasi dana yang dilakukan oleh industri keuangan,” ungkapnya di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Menurutnya, pihaknya pun saat ini tengah mendorong terus agar pembiayaan melalui kredit bank, melalui pasar modal dan kegiatan pembiayaan melalui lembaga non bank menjadi hal yang begitu penting.

“Jadi kalau tahun lalu Rp195 triliun kita terapkan, tahun 2017 ini bisa Rp250 triliun yang melalui pasar modal. Kalau pertumbuhan kredit bisa naik sekitar 12%, dua double digit tahun ini saya kira sekitar Rp300 triliun-Rp400 triliun akan terkumpul,” jelasnya.

Ia pun menambahkan bahwa tahun ini pihaknya berharap jika kenaikan ini bisa memberikan kontribusi bagi keinginan untuk untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Source: okezone.com

INVESTASI DI PASAR MODAL DIKLAIM LEBIH MENGUNTUNGKAN

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *